Rabu, 16 Juni 2010

Kuliah Umum Dirut Sido Muncul di Unand




Kepercayaan Internal, Kunci Keberhasilan Perusahaan

Caption: Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat didampingi Rektor Universitas Andalas (Unand) Musliar Kasim, memberikan kuliah umum kewirausahaan di hadapan sekitar 300 mahasiswa di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand Limau Manis, belum lama ini (4/6).

PADANG – Sebuah perusahaan akan bisa maju apabila pemiliknya mampu menumbuhkan kepercayaan internal di antara para karyawannya. Jika karyawannya percaya bahwa mereka akan mendapatkan yang terbaik dari perusahaan, pastinya, mereka akan berbuat yang terbaik juga bagi perusahaannya.
Demikian antara lain disampaikan Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat, saat memberikan kuliah umum kewirausahaan di hadapan sekitar 300 mahasiswa Universitas Andalas (Unand), di Gedung Pusat kegiatan mahasiswa (PKM) di Limau Manis, Padang , beberapa waktu yang lalu (4/6).
Selain kepercayaan internal, kata Irwan Hidayat, beberapa hal lain yang mutlak diperlukan untuk kemajuan sebuah perusahaan adalah ketekunan, kreativitas, saling memahami diantara sesama karyawan dan rukun.
“Apabila kita rukun, tanah pun bila diolah akan menghasilkan emas. Demikian pula sebaliknya,” kata Irwan yang telah 40 tahun berkecimpung dalam dunia industri herbal ini.
Irwan yang kini berusia 63 tahun itu, berbagi pengalaman tentang kiat suksesnya berwirausaha kepada para mahasiswa Unand. Meski mewarisi perusahaan kecil dari neneknya, Ny. Rakhmat Sulistyo, berkat ketabahan dan ketekunannya, Irwan mampu membangun perusahaan Sido Muncul sebagai market leader dalam bidang industri herbal. Produknya yang terkenal antara lain, Kuku Bima Energi, Jamu Tolak Angin, Vitamin C1000 Sido Muncul, Este-Emje Ginseng dan permen jahe wangi.
“Awalnya saya sempat tertatih memajukan usaha ini. Selama 20 tahun, dari tahun 1970 – 1990, kami masih mencari apa sebetulnya produk yang dibutuhkan masyarakat. Kami sadar akan potensi tanaman Indonesia yang alami dan berlimpah, SidoMuncul menjadikannya asset, yang ke depannya akan makin memantapkan diri dalam memproduksi obat-obatan alam,” paparnya.
Sido Muncul, lanjut Irwan, akan bertransformasi menjadi industri farmasi. Seluruh proses produksi dijalankan berdasarkan Standard Operation Procedure (SOP) berdasarkan CPOB ( Cara Pembuatan Obat yang Benar ) – setara farmasi. Terlebih SidoMuncul merupakan perusahaan Jamu pertama di Indonesia yang meperoleh serifikat tersebut. Pastinya, seluruh produk SidoMuncul telah lulus uji toksisitas hingga uji khasiat sehingga terjamin quality Controlnya. Selain PT. SidoMuncul juga didukung dengan serangkaian fasilitas laboratorium lengkap dan peranan Research Development Departement,” urainya.
Sido Muncul kemudian menggaet sejumlah public figur untuk lebih meningkatkan image mereka di tengah masyarakat. Sejumlah artis ternama dan memiliki citra yang baik di Indonesia, diangkat sebagai bintang iklan mereka. Misalnya, Lula Kamal, Rieke Dyah Pitaloka, Mbah Marijan dan sebagainya. Terbukti, kiat yang dilakukan ini sangat mengena di hati masyarakat, sehingga nama Sido Muncul juga makin lekat di hati mereka.
Menurut Rektor Unand Musliar Kasim yang tampil sebagai moderator pada kesempatan itu, apa yang telah dilakukan Irwan memang patut ditiru.
“Setidaknya ada 5 pelajaran berharga yang bisa kita tarik dari Pak Irwan. Yakni, ketekunan dan kedipsilan, keuangan yang dikelola dengan benar akan membuat kita kaya, kreativitas yang selalu digali, kesalehan social (melalui program CSR/ corporate social responsibility) dan kerukunan antar semua orang yang terlibat dalamnya,” kata Musliar yang saat itu didampingi dua pembantu rektor, Werry Darta Taifur dan Novesar Jamarun.
Di akhir kegiatan, Rektor juga memberikan cenderamata kepada Sidomuncul, dan sebaliknya, Sidomuncul memberikan bingkisan serta buku untuk Unand. Para mahasiswa yang hadir juga bertambah gembira, karena ada doorprize berupa handphone untuk mereka. DJO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar