Selasa, 22 Juni 2010

UT Wisuda 2.533 Lulusan Program Diploma dan Sarjana



Bertekad Jadi Institusi PTTJJ Berkualitas Dunia

Jakarta: Sidang Terbuka Senat Universitas Terbuka (UT) yang dipimpin Rektor UT, Prof Ir Tian Belawati, M. Ed, Ph.D, mewisuda 2.533 sarjana baru di Gedung UT Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (22/6).
Wisuda hari ini sebagai kelanjutan wisuda sarjana baru Periode II Tahun 2010 pekan lalu, yang meluluskan 28.670 lulusan program diploma dan sarjana/pascasarjana.
Berkaitan acara wisuda tersebut, diselenggarakan juga seminar bertema “Peranan Guru Dalam Membangun Karakter Bangsa” dan “Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik”.
Menurut Rektor UT Prof Ir Tian Belawati, MEd, PhD, Universitas Terbuka (UT) kembali mampu mempersembahkan peserta didik terbaiknya, yaitu para lulusan yang berkualifikasi akademik penuh dan berkompetensi memadai sehingga dapat berkarya secara profesional dalam bidangnya di masyarakat serta untuk membangun masyarakat, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Rektor mengajak para wisudawan UT untuk bersama-sama membangun komitmen untuk menunjukkan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan komunitas masing-masing.
“Mengapa kita perlu terus menerus mengupayakan pembangunan karakter bangsa?” katanya.”Karena, karakter bangsa Indonesia akan menentukan perilaku kolektif kebangsaan Indonesia yang unik, yang tercermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai nilai-nilai Pancasila, norma UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap NKRI”.
Dalam konteks UT, lanjut Rektor Tian, pengejawantahan karakter tersebut telah dibingkai dalam visi “Pada Tahun 2021, UT menjadi Institusi PTTJJ Berkualitas Dunia” dalam menghasilkan produk pendidikan tinggi dan dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan penyebaran informasi PTTJJ.
Prof Tian mengatakan, dalam hal peningkatan kualitas layanan, penjaminan mutu telah menjadi agenda utama keseluruhan operasional. UT telah mendirikan Pusat Jaminan Kualitas UT untuk mengelola pengembangan berbagai pedoman penyelenggaraan UT, memonitor dan mengevaluasi penerapan pedoman yang telah dikembangkan, dan terus menerus merevisi guna memperbaiki berbagai kekurangan yang terdapat pada beberapa pedoman yang telah digunakan.
Sejalan dengan komitmen UT, berbagai sarana dan prasarana telah disempurnakan, yaitu melakukan renovasi gedung dan pembangunan gedung baru, dan fasilitas taman, baik di Kampus UT Pusat maupun di UPBJJ-UT.
“Demikian juga UT telah meningkatkan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, dan secara konsisten UT juga terus melengkapi perangkat lunak, perangkat keras, serta SDM pendukungnya untuk menjamin terlaksananya pelayanan optimal secara profesional,” katanya.
Dikemukakan, untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan sebagi bagian dari komponen bangsa, UT telah mengembangkan langkah-langkah strategis, di antaranya meningkatkan kualitas proses belajar, kompetensi lulusan melalui kurikulum yang terintegrasi, pengembangan program baru yang dibutuhkan masyarakat, dan peningkatan proses belajar berbasis ICT.
“Harapan kami UT akan terus meningkatkan perannya dengan mengembangkan program S3 dan pendidikan berkelanjutan, juga secara konsisten melakukan perubahan-perubahan agar berperan aktif dalam pembangunan pada tingkat nasional, regional dan internasional,” kata Prof Tian. (DJO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar