Senin, 05 Oktober 2009

Menag: Jaga Terus Kerukunan Umat



Kantor Departemen Agama Di Jl MH Thamrin Diresmikan


Teks Foto: Didampingi Mantan Menteri Agama Malik Fajar, Sekjen Depag Bahrul Hayat dan Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, Menag M. Maftuh Basyuni menandatangani prasasti peresmian gedung baru DepartemenAgama di Jl.MH Thamrin No.6 Jakarta Pusat,Senin (5/10).


Jakarta: Guna meningkatkan persatuan dan kesatuan umat beragama, Departemen Agama mengumpulkan semua direktorat pembinaan masyarakat dalam satu gedung baru yang refresentatif, yaitu Ditjen Bimas Islam, Ditjen Bimas Kristen Protestan, Ditjen Bimas Katolik, Ditjen Bimas Hindu, Ditjen Bimas Budha, dan Kong Huchu.
Selain itu di dalam gedung berlantai 20 ini akan diisi untuk Balitbang dan Diklat Depag, enam Bimas. Mereka dikumpulkan dalam satu gedung agar kerukunan umat beragama tetap terjaga. Bahkan semakin rukun, jika Lembaga Kerukunan Umat Beragama (LKUB) juga ditempatkan di gedung megah itu.
"Kami mengharapkan gedung ini dapat mempererat persatuan dan kesatuan. Semua agama yang diakui di Indonesia mendapat tempat di sini. Untuk itu jangan ada lagi pertentangan,’’ kata Menag Maftuh Basyuni saat meresmikan penggunaan gedung kantor Departemen Agama di Jalan MH Thamrin Jakarta, Senin siang (5/10).
Menurut Menag, pertentangan itu tidak ada yang benar, semuanya salah. ‘’Yang benar itu kita harus rukun satu sama lainnya," kata Menag.
Lebih lanuut Maftuh menjelaskan, gedung ini dibangun di lokasi gedung utama Departemen Agama yang mulai digunakan sebagai kantor pusat sejak 1963 pada masa Menteri Agama almarhum KH Syaifuddin Zuhri. Ide mendirikan kantor pusat yang dapat menampung seluruh kegiatan Departemen Agama di Jalan MH Thamrin ini muncul sejak lama, bahkan sebelumnya sempat terbengkalai pembangunannya.
Hadir dalam acara tersebut mantan Menag H Malik Fadjar, Sekjen Depag Bahrul Hayat, Walikota Jakarta Pusat Hj Sylvia Murni, Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Ali Mustafa Yaqub dan sejumlah undangan lainnya.
Menurut Menag, beberapa Menteri Agama setelah periode KH Saifuddin Zuhri, yaitu almarhum KH Mohammad Dachlan, Prof Dr HA Mukti Ali dan H Alamsjah Ratu Prawiranegara berkantor di Jalan MH Thamrin No. 6 ini, sebelum adanya gedung di Jalan Lapangan Banteng Barat yang diresmikan oleh Menteri Agama almarhum H Munawir Sjadzali MA.
Keberadaan gedung perkantoran Departemen Agama di lokasi yang amat strategis ini, lanjut Menag, dipertahankan karena merupakan salah satu tapak sejarah Departemen Agama.
"Kepada jajaran Departemen Agama, saya berpesan peliharalah gedung ini sebaik-baiknya dan pancarkan misi Departemen Agama dari tempat ini," katanya. DJO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar