Jumat, 02 Oktober 2009

UT Akan Lebih Banyak Manfaatkan TIK




Teks foto: Rektor UT, Prof Ir Tian belawati, M.Ed, Ph.D


Jakarta: Universitas Terbuka (UT) genap 25 tahun merupakan tonggak sejarah yang menandakan UT mampu memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat Indonesia.
Mengingat fungsinya sangat strategis bagi pelayanan pendidikan tinggi jarak jauh, ke depannya UT akan lebih banyak lagi memfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK/ICT).
"Selama 25 tahun UT terus berupaya untuk memperbaiki diri dalam mengembangkan dan berinovasi agar dapat memberikan layanan pendidikan yang lebih baik, terutama dalam lebih menjangkau dalam segi biaya dan akses penggunaan media pembelajaran jarak jauh," kata Rektor UT Tian Belawati seusai puncak acara Lustrum ke-5 UT di kampus UT Pusat Pondok Cabe, Tangerang, Banten, Jumat (2/10).
Untuk mendorong pencapaian pelayanan pendidikan yang lebih baik, UT telah meluncurkan mobile learning dan bikin web baru dengan menu-menu layanan yang dinamis.

"Pada web sebelumnya belum ada fasilitas toturial online dengan smart phone kita. Peluncuran dua produk layanan pendidikan tersebut untuk memberikan kemudahan mahasiswa dalam memperoleh layanan pembelajaran di mana saja melalui ponselnya yang telah dilengkapi dengan fasilitas GPRS dan WAP," kata Tian. Mobile learning dapat diakses pada alamat web melalui ponsel kita http://mlearn.ut.ac.id.
Selain itu UT juga meluncurkan suatu aplikasi yang dapat membantu peningkatan pelayanan kepada stakeholders yang disebut "costumer in action management". Aplikasi ini sudah biasa dilakukan oleh dunia bisnis.
"Dengan aplikasi itu, seluruh masukan atau permasalahan masyarakat dapat kami respon secara sistematik. Dan ke depan UT akan lebih banyak lagi memfaatkan teknologi berbasis informasi dan komunikasi," katanya DJO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar