Sabtu, 17 Oktober 2009

Menyingkap Misteri Dahsyatnya Berbagi (1)




Irwan Hidayat, Dirut PT Sido Muncul:
Ringan Tangan Membantu Sesama

Masyarakat bangsa ini sudah tak asing lagi dengan eksistensi Sido Muncul. Betapa tidak, pabrik jamu terbesar di tanah air nyaris tak pernah absen mengadakan bakti sosial di lokasi bencana.
Mengapa, dan apa yang melatarbelakangi semangat Irwan Hidayat, Bos PT Sido Muncul, sebagai produsen Kuku Bima Energi dan Tolak Angin ini, sedemikian peduli?
‘’Ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada korban bencana alam yang sebenarnya tidak begitu besar. Nilainya sih tidak begitu besar, tapi mudah-mudahan bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara yang mengalami musibah,’’ tutur Irwan Hidayat, merendah.
Selain itu, bakti sosial itu juga sebagai wujud CSR (corporate social responsibility), sekalian memperkenalkan produk. Namun, yang terpenting adalah warga korban sedikit terbantu dan diringankan bebannya. Promosi ituboleh dikatakan nomor sekianlah.
Bakti sosial macam ini sudah lama dan sudah biasa dilakukan
Irwan. Dia akan mendatangi siapa pun yang terkena bencana. Pertimbangannya semata-mata kemanusiaan. Apa pun latar belakang korban, dia bersama segenap timnya akan menjenguk korban.
Setiap ada bencana alam, Irwan Hidayat bersama segenap stafnya selalu berusaha turun langsung ke lokasi kejadian. Selaku Presiden Direktur PT Sido Muncul, Irwan selain membawa bantuan material, juga mengajak bintang iklan beberapa produknya.
"Tapi misi kami murni untuk membantu sesama. Misi sosial, bukan mau promosi produk," tegas Irwan Hidayat.
Belum cukup istirahat mengadakan baksi social membantu korban gempa di Tasik Malaya dan Garut, Jawa Barat, Tim Sido Muncul bergegas ke Sumatera Barat.
Gempa yang melanda Padang dan sekitarnya dengan kekuatan 7,6 SR pada 30 September 2009 lalu, meluluh-lantakkan kota Padang dan Pariaman, Sumatera Barat mengakibatkan kerugian materi yang besar dan merenggut 800-an korban jiwa.
Tim Sido Muncul dipimpin langsung oleh Irwan Hidayat, Direktur Utama PT SidoMuncul didampingi ikon Kuku Bima Energi, Donny Kesuma dan artis Nina Tamam meninjau langsung lokasi gempa di wilayah kota Padang dan Pariaman, Sumatera Barat untuk memberikan bantuan secara langsung bagi para korban.
Sebelumnya PT Sido Muncul melalui produk-produk unggulannya Tolak Angin dan Kuku Bima Energi juga memberikan bantuan bagi korban gempa Tasikmalaya, Garut, Jawa Barat, September yang lalu senilai Rp 850 juta.
“Kami langsung mendatangi lokasi bencana agar kami bisa cepat berada di lokasi bencana untuk membantu para korban, baik yang selamat maupun yang mengalami cedera berat, yang saat ini dirawat di rumah sakit maupun di tenda-tenda darurat halaman rumah sakit yang hancur akibat gempa,” ujar Irwan Hidayat.
PT Sido Muncul memberikan bantuan berupa pakaian, obat-obatan yang umumnya digunakan di daerah bencana, obat-obatan yang berkaitan dengan patah tulang /implant, alat-alat kesehatan dan produk-produk Sido Muncul seperti Tolak Angin Cair, Tolak Angin Flu, Kuku Bima Energi dan Kuku Bima Kopi Energi.
Irwan Hidayat menjelaskan, pihaknya juga menggalang dana dari para kolega untuk para korban gempa Padang. Para kolega terdiri dari perwakilan, distributor Sido Muncul seluruh Indonesia dan sejumlah perusahaan dan perorangan.
PT Sido Muncul sendiri memberikan bantuan senilai Rp 1 miliar. Sementara hasil penggalangan dana dari rekan sejawat Sido Muncul sebanyak Rp 754.750.000,- sehingga total bantuan yang diberikan Sido Muncul dan rekan sebesar Rp 1.754.750.000,-. Pemberian bantuan akan diberikan dalam dua tahap. Pada tahap pertama sumbangan senilai Rp 1.005.000.000,-
Bantuan juga dalam bentuk pengiriman Tenaga Medis (Dr. Orthopedi, Obat Implant dan alat-alat kesehatan) senilai Rp 200 juta. Tenaga medis yang dikirimkan diantaranya: dr. Lianda Tamara; dr. Lia Marliana; dr. Jachja Achmad; dr. Febrianti; dr. Patilasa Trisna Nilawati; dr. Ian Afiana; dr. Irwan Yusuf dan dr. Hafiz Nafiudin. (DJO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar