Senin, 07 September 2009

Lustrum Ke-5 UT Luncurkan Websit Baru

Guna mengoptimalkan pelayanan belajar jarak jauh hingga menggapai seluruh warga bangsa Indonesia memperoleh layanan pendidikan, Universitas Terbuka (UT) meluncurkan website baru UT.
‘’Website itu – termasuk di dalamnya mobile learning-- diharapkan akan mampu meningkatkan layanan pelanggan (mahasiswa),’’ kata Rektor UT, Tian Belawati kepada pers dalam rangkaian Lustrum ke-5 UT.
Selama ini, pembelajaran online UT hanya dapat dilakukan melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. Dengan M-Learn UT, kendala keterbatasan koneksi internet di daerah (terpencil) dapat diatasi dengan kemajuan teknologi komunikasi seluler yang sudah mempunyai fasilitas GPRS dan WAP.
Bahkan untuk kota-kota besar sudah berbasis HSDPA. UT memanfaatkan teknologi seluler untuk proses pembelajaran secara online dengan menggunakan media telepon seluler (HP) yang dilengkapi fasilitas GPRS dan WAP.
M-Learn adalah fasilitas tambahan untuk proses pembelajaran online melalui media HP (ponsel) karena prinsip pembelajarannya sama seperti di tutorial online. M-Leran dapat diakses melalui browser di ponsel dengan alamat url http://mleran.ut.ac.id
Sedangkan tampilan dan konten website baru UT tampak lebih segar. Perubahan ini didasari semangat membangun komunikasi yang lebih komunikatif dengan para mahasiswa dan stakeholder, sehingga memudahkan mereka memperoleh layanan UT melalui jaringan internet.
Kegiatan lustrum ke-5 UT merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperingati 25 tahun berdirinya UT. UT didirikan sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) ke-45 pada 4 September 1984.
Rangkaian kegiatan telah diawali sejak 2 Mei 2009 dan acara puncak direncanakan 2 Oktober 2009 dengan penanaman Time Capsule UT dan seminar nasional dengan tema ‘’Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh sebagai Wahana Pembangunan Jatidiri Bangsa’’.
Setelah 25 tahun mengabdikan diri, kini UT berkembang pesat dengan jumlah mahasiswa mencapai 596.922 dengan jumlah alumni 764.478 orang, tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Melalui kegiatan peringatan Lustrum ke-5 ini diharapkan diperoleh rasa kebersamaan dan kekeluargaan sesama warga UT yang semakin erat, demi tercapainya target UT menjadi salah satu PTJJ (Perguruan Tinggi Jarak Jauh) terbaik di dunia tahun 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar