Selasa, 15 September 2009

OSN PTI Ajang Mencari Bibit Unggul



Setelah sukses menggelar Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (OSN-PTI) tahun 2008, Depdiknas bekerjasama dengan PT Pertamina kembali menggelar OSN PTI tahun ini.
Ajang yang bertujuan untuk menjaring bibit unggul di berbagai bidang sains seperti Kimia, Fisika dan Matematika di kalangan perguruan tinggi, diharapkan dapat menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mampu bersaing.
“Banyaknya pemberitaan dari Malaysia adanya TKI kita yang dipermalukan, kita merasa menjadi bangsa yang rendah. Tetapi seharusnya kita menjadi bangsa yang besar karena kita bisa menjadi negara kompetiter, dengan cara mencari anak-anak yang berbakat, mencari anak-anak yang potensial di berbagai daerah yang nantinya bisa membuat bangsa ini berdirib tegak,” kata Dirjen Dikti Depdiknas, Fasli Jalal di Jakarta, Selasa (15/9).
Menurut Fasli, OSN-PTI merupakan cara untuk menggali potensi 400 juta anak bangsa. Oleh karena itu Depdiknas menawarkan beasiswa.
“Untuk tahun ini tak kurang dari 10.000 anak mendapatkan beasiswa dengan cara menjemput ke sekolah-sekolah, mereka langsung dapat voucher Rp 15 juta/siswa,” katanya.
Selain itu bagi mereka yang mendapatkan medali di ajang olimpiade internasional akan mendapatkan beasiswa. Bagi yang memperoleh medali emas mendapatkan beasiswa hingga S3, medali perak hingga S2 dan medali perunggu hingga jenjang S1. Sedangkan untuk keseluruhan perguruan tinggi di tanah air, Ditjen Dikti tahun ini menyediakan Rp 20 miliar untuk beasiswa.
Pada kesempatan itu, Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (persero) Toharso mengatakan, OSN-PTI Tahun 2009 ini merupakan kelanjutan dari OSN-PTI 2008, dimana sebanyak 4.666 mahasiswa dipastikan mengikuti kompetisi tersebut.
“Tahun lalu OSN-PTI diikuti 4.666 mahasiswa. Itu melampaui target yang diharapkan penyelenggara saat itu sebanyak 2.000 mahasiswa. Untuk itu harapan kami di tahun ini peminatnya mencapai 10 ribu mahasiswa,” katanya.
Penyelenggaraan OSN-PTI 2009 terdiri dari empat tahapan, yaitu pendaftaran seleksi tingkat daerah, seleksi tingkat nasional dan penetapan pemenang. Kegiatan berupa pendaftaran telah berlangsung sejak tanggal 5 September 2009 dan akan berakhir 26 Oktober 2009.
Seleksi di tingkat daerah akan berlangsung secara serentak di masing-masing provinsi tanggal 3 November 2009. Seleksi tingkat nasional berlangsung di Jakarta tanggal 4 – 9 Desember 2009. Penetapan pememang akan diumumkan tanggal 9 Desember 2009. DJO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar